0

Apa Itu Spam ?

29 Maret 2014
Share this Article on :
Spam?? 
      Ada beberapa definisi mengenai spam.Diantaranya adalah definisi yang dicantumkan di http://tuxedo.org/jargon/jargon.html#spam Membuat crash suatu program dengan memakai buffer yang menggunakan input data terlalu besar. Mengirimkan suatu pesan ke newsgroup menyebabkan forum tersebut penuh dengan pesan yang tidak relevan. Mempostingkan artikel ke banyak newsgroup atau mailing list. Hal ini disebut juga ECP (Excessive Cross-Posting). Memenuhi suatu newsgroup/mailing list dengan kopi-an suatu artikel yang sama. Hal ini diistilahkan EMP( Excessive Multi-Posting). Mengirimkan banyak email serupa yang tidak diharapkan oleh pembacanya, terutama yang berkaitan dengan iklan suatu produk. Output yang besar dan menjengkelkan. Misalnya terjadi pada seorang pengguna IRC yang beranjak sebentar dari monitor, kemudian saat kembali  seringkali merasa jengkel melihat kalimat yang mungkin terdiri dari beratus-ratus baris. Ini dikategorikan juga sebagai spam. Spam ini sangat mengganggu, terutama bagi user yang bandwith koneksi internetnya kecil, tidak memiliki waktu luang untuk mengakses internet, atau kuota emailnya dibatasi. 

Ada dua tipe spam dengan akibatnya masing-masing pada pengguna internet, yaitu : 

a) Cancellable Usenet spam 

      Merupakan sebuah message yang dikirmkan kepada 20 atau bahkan lebih pengguna Usenet newsgroup, message-message ini kebanyakan tidak berguna bagi anggota Usenet newsgroups. Usenet spam ini biasanya ditujukan pada orang-orang yang disebu “lurkers” yaitu orang-orang yang membaca newsgroup tetapi jarang mem-posting atau memberikan alamat emailnya. Usenet spam ini membebani user dengan mengirimkan posting-posting yang tidak perlu. Selain itu Usenet spam ini juga akan membatasi system administrator ataupun pemilik untuk me-manage hal-hal yang penting yang seharusnya dimasukkan dalam system miliknya. 

b) Email spam 

      Target dari email spam ada user individu dengan email message secara langsung. List dari email spam ini biasanya didapat dari Usenet posting, mencuri mailing list tertentu dari internet, atau mencari alamat-alamat dari web. Email spam ini biasanya membebani user untuk mengeluarkan uang lebih banyak karena menerimanya. Bentuk lain dari email spam adalah mengirimkan spam tersebut kedalam suatu mailing list (baik public maupun private), karena kebanyakan mailing list membatasi aktivitas dari para penggunanya, spammers akan menggunakan tool otomatis untuk mensubscribe kesebanyak-banyaknya mailing list, sehingga mereka bisa mendapatkan alamat sebanyak-banyaknya ataupun dengan menggunakan mailing list sebagai target langsung pengiriman spam.

(http://boetarcyber.blogspot.com/)


Artikel Terkait:

0 komentar: